Aplikasi
grafik komputer sering kita jumpai dalam kehidupan sehari hari. Pada
kepentingan tertentu, citra (gambar) digunakan untuk mengungkapkan
pertimbangan, ilustrasi, penggambaran, ingatan, pendidikan, komunikasi,
navigasi, hiburan, dan sebagainya. Yang kemudian dihubungkan dengan
pengubahan dan perbaikan citra (gambar) yang bertujuan antara lain:
- Memperbaiki kesalahan data sinyal gambar akibat transmisi sinyal.
- Meningkatkan penampakan gambar sehingga dapat diterima oleh sistem penglihatan manusia.
Umumnya
pengolahan citra melibatkan alat bantu komputer, yang selanjutnya
dihubungkan dengan konsep komputasi dan elektronik dunia mesin sejalan
dengan atribut penglihatan manusia. Aspek komputer adalah sebuah sistem
yang berhubungan dengan elemen-elemen perangkat keras seperti sensor
optik dan arsitektur pengolahan pararel pada komputer, grafika komputer
dan display serta elemen-elemen perangkat lunak seperti manipulasi data
dan perhitungan data gambar. Sedangkan aspek penglihatan (vision) adalah
bayangan dari sistem penglihatan manusia dan melingkupi aspek
fungsional mata, saraf optik, dan otak.
Grafika komputer digunakan diberbagai bidang seni, sains, bisnis, pendidikan, dan hiburan, sebagai contoh :
- Kesehatan / kedokteran
- Sistem multimedia
- Perpetaan / cartography
- Sistem paint
- Presentasi data statistik, dll
Aplikasi
grafika komputer adalah program komputer yang dirancang khusus untuk
menghasilkan grafis atau representasi visual dari data kedalam bentuk
gambar, slide, dan sebagainya. contoh aplikasi yang menggunakan komputer
grafis adalah :
- video game
Video
game adalah permainan yang melibatkan interaksi dengan user interface
(antarmuka pengguna) untuk menghasilkan umpan balik berupa visualisasi
pada perangkat video. Aplikasi ini banyak beredar dipasaran, mulai dari
yang sederhana 2 dimensi, seperti tetris, hingga yang rumit (3 dimensi)
yang memerlukan resource banyak, seperti game sepak bola Winning Eleven.
Dari yang standalone hingga online network, seperti Ragnarok. Dari PC,
console, hingga mobile devices. Video game umumnya menyediakan sistem
penghargaan, skor yang dihitung berdasarkan tingkat keberhasilan yang
dicapai dalam menyelesaikan tugas-tugas yang ada dalam permainan.
- Computer vision
Computer
vision adalah ilmu pengetahuan dan teknologi dari mesin-mesin yang
dapat melihat. Sebagai disiplin ilmu, computer vision berkaitan dengan
teori untuk membangun sistem buatan yang dapat menarik informasi dari
citra-citra. Informasi tersebut kemudian dapat digunakan sebagai input
dalam mengambil keputusan atau tindakan. Data citra yang diambil dapat
berupa video, citra dari berbagai kamera, dan sebagainya.
Aplikasi-aplikasi computer grafik :
Computer-Aided Design (CAD)
CAD
adalah alat bantu berbasis komputer yang digunakan dalam proses
analisis dam desain, khusunya untuk sistem arsitektural dan engineering.
CAD banyak digunakan dalam mendesain bagunan, mobil, pesawat, komputer,
alat-alat elektronik, peralatan rumah tangga, dan berbagai produk
lainnya. Contoh aplikasinya: AutoCAD.
Computer-Aided Sofware Engineering (CASE)
CASE
mirip dengan CAD tetapi digunakan dalam bidang sofware engineering.
CASE digunakan dalam memodelkan user requirement, pemodelan basisdata,
workflow dalam proses bisnis, struktur program, dan sebagainya. Contoh
aplikasi: Rational Rose, SyBase Power Designer
Virtual Reality
Virtual
Reality adalah lingkungan virtual yang seakan-akan begitu nyata di mana
user dapat berinteraksi dengan objek-objek dalam suasana atau
lingkungan 3 dimensi. Perangkat keras khusus digunakan untuk memberikan
efek pemadangan 3 dimensi dan memampukan user beriteraksi dengan
objek-objek yang ada dalam lingkungan. Aplikasi
ini dapat memberikan keutungan berupa mengurangi resiko cedera selama
latihan, mengurangi biaya penerbangan, melatih perwira sebelum melakukan
terjun payung sesungguhnya.
Visualisasi Data
Visualisasi
Data adalah teknik-teknik membuat image, diagram, atau animasi untuk
mengkomunikasikan pesan. Visualisasi telah menjadi cara yang efektif
dalam mengkomunikasikan baik data atau ide abstrak maupun nyata sejak
permulaan manusia.
Pendidikan dan Pelatihan
Model-model
yang dihasilkan melalui komputer yang tentunya menggunakan grafis biasa
digunakan sebagai alat bantu pendidikan. Model-model seperti
proses-proses fisika dan kimia, fungsi-fungsi psikologi, simulasi, dan
sebagainya dapat membantu sesorang memahami bagaimana operasi atau
proses yang terjadi dalam suatu sistem.
Computer Art
Computer
art adalah penggunaan komputer grafis untuk menghasilkan karya-karya
seni. Hasil dapat berupa kartun, potret, foto, layout media cetak, logo,
lukisan abstrak, desain interior atau eksterior, dan lain sebagainya.
Pengolahan Citra
Pengolahan
citra berkaitan dengan teknik-teknik untuk modifikasi dna intepretasi
citra, meningkatkan kualitas citra, analisis citra, dan mengenali
pola-pola visual yang ada dalam suatu citra. Contoh: perbaikan citra
sehingga menjadi lebih jelas.
Computer Vision
Compute
Vision adalah ilmu pengetahuan dan teknologi dari mesin-mesin yang
dapat melihat. Sebagai disiplin ilmu, computer vision berkaitan dengan
teori untuk membangun sistem buatan yang dapat menarik informasi dari
citra-citra. Informasi tersebut kemudian dapat digunakan sebagai input
dalam mengambil keputusan atau tindakan. Data citra yang diambil dapat
berupa video, citra dari berbagai kamera, dan sebagainya.
Graphical User Interface
Graphical
User Inteface adalah antarmuka grafis yang mempermudah interaksi
manusia dengan komputer dan alat-alat yang dikendalikan oleh komputer.
GUI sudah sering kita lihat berupa window-window yang digunakan pada
sistem operasi Windows, Mac, maupun Linux.
GRAFIK KOMPUTER DAN PENGOLAHAN CITRA DIBIDANG KEDOKTERAN
PENGGUNAAN ULTRASONOGRAFI (USG)
Ultrasonografi
medis (sonografi) adalah sebuah teknik diagnostik pencitraan
menggunakan suara ultra yang digunakan untuk mencitrakan organ internal
dan otot, ukuran mereka, struktur, dan luka patologi, membuat teknik ini
berguna untuk memeriksa organ. Sonografi obstetrik biasa digunakan
ketika masa kehamilan.
Pilihan
frekuensi menentukan resolusi gambar dan penembusan ke dalam tubuh
pasien. Diagnostik sonografi umumnya beroperasi pada frekuensi dari 2
sampai 13 megahertz.
Sedangkan
dalam fisika istilah "suara ultra" termasuk ke seluruh energi akustik
dengan sebuah frekuensi di atas pendengaran manusia (20.000 Hertz),
penggunaan umumnya dalam penggambaran medis melibatkan sekelompok
frekuensi yang ratusan kali lebih tinggi.
Mesin USG merupakan bagian dari USG dimana fungsinya untuk mengolah
data yang diterima dalam bentuk gelombang. Mesin USG adalah CPUnya USG
sehingga di dalamnya terdapat komponen-komponen yang sama seperti pada
CPU pada PC CARA USG MERUBAH GELOMBANG MENJADI GAMBAR
Beberapa Manfaat USG
- Memastikan hamil atau tidak.
- Mengetahui keadaan janin, lokasi hamil, jumlah janin dan tanda kehidupannya.
- Mengetahui keadaan rahim dan organ sekitarnya.
- Melakukan penapisan awal dengan mengukur ketebalan selaput lendir, denyut janin, dan sebagainya.
Aplikasi-aplikasi computer grafik :
Computer-Aided Design (CAD)
CAD adalah alat bantu berbasis komputer yang digunakan dalam proses
analisis dam desain, khusunya untuk sistem arsitektural dan engineering.
CAD banyak digunakan dalam mendesain bagunan, mobil, pesawat, komputer,
alat-alat elektronik, peralatan rumah tangga, dan berbagai produk
lainnya. Contoh aplikasinya: AutoCAD.
Computer-Aided Sofware Engineering (CASE)
CASE mirip dengan CAD tetapi digunakan dalam bidang sofware
engineering. CASE digunakan dalam memodelkan user requirement, pemodelan
basisdata, workflow dalam proses bisnis, struktur program, dan
sebagainya. Contoh aplikasi: Rational Rose, SyBase Power Designe.
Virtual Reality
Virtual
Reality adalah lingkungan virtual yang seakan-akan begitu nyata di mana
user dapat berinteraksi dengan objek-objek dalam suasana atau
lingkungan 3 dimensi. Perangkat keras khusus digunakan untuk memberikan
efek pemadangan 3 dimensi dan memampukan user beriteraksi dengan
objek-objek yang ada dalam lingkungan. Aplikasi ini dapat memberikan
keutungan berupa mengurangi resiko cedera selama latihan, mengurangi
biaya penerbangan, melatih perwira sebelum melakukan terjun payung
sesungguhnya.
Visualisasi Data
Visualisasi Data adalah teknik-teknik membuat image, diagram, atau
animasi untuk mengkomunikasikan pesan. Visualisasi telah menjadi cara
yang efektif dalam mengkomunikasikan baik data atau ide abstrak maupun
nyata sejak permulaan manusia.
Pendidikan dan Pelatihan
Model-model yang dihasilkan melalui komputer yang tentunya menggunakan
grafis biasa digunakan sebagai alat bantu pendidikan. Model-model
seperti proses-proses fisika dan kimia, fungsi-fungsi psikologi,
simulasi, dan sebagainya dapat membantu sesorang memahami bagaimana
operasi atau proses yang terjadi dalam suatu sistem.
Computer Art
Computer art adalah penggunaan komputer grafis untuk menghasilkan
karya-karya seni. Hasil dapat berupa kartun, potret, foto, layout media
cetak, logo, lukisan abstrak, desain interior atau eksterior, dan lain
sebagainya.
Pengolahan Citra
Pengolahan citra berkaitan dengan teknik-teknik untuk modifikasi dna
intepretasi citra, meningkatkan kualitas citra, analisis citra, dan
mengenali pola-pola visual yang ada dalam suatu citra. Contoh: perbaikan
citra sehingga menjadi lebih jelas.
Computer Vision
Compute Vision adalah ilmu pengetahuan dan teknologi dari mesin-mesin
yang dapat melihat. Sebagai disiplin ilmu, computer vision berkaitan
dengan teori untuk membangun sistem buatan yang dapat menarik informasi
dari citra-citra. Informasi tersebut kemudian dapat digunakan sebagai
input dalam mengambil keputusan atau tindakan. Data citra yang diambil
dapat berupa video, citra dari berbagai kamera, dan sebagainya.
Gambar di atas adalah contoh penggunaan perangkat lunak computer vision pada Reactable.
Graphical User Interface
Graphical User Inteface adalah antarmuka grafis yang mempermudah
interaksi manusia dengan komputer dan alat-alat yang dikendalikan oleh
komputer. GUI sudah sering kita lihat berupa window-window yang
digunakan pada sistem operasi Windows, Mac, maupun Linux.
0 komentar:
Posting Komentar